WELCOME TO MECIN BLOG......!!!

Jumat, 30 Desember 2011

encoding

encoding adalah proses meng-encode sinyal atau beberapa data digital sekaligus (simultan).
 merupakan sebuah kesalahan yang terjadi selama proses pengkodean data (encoding data). Tergantung dari sifat kesalahan, hasil dari encoding error dapat bervariasi. Encoding error terjadi dengan berbagai macam alasan pada berbagai macam teknologi, meskipun terdapat sejumlah pengamanan yang didesain untuk memperkecil atau mencegah terjadinya eror tersebut.
Pada encoding, data dipindahkan dari format yang satu ke format lainnya. Encoding seringkali digunakan untuk mengkompresi data sedemikian rupa sehingga hanya menghabiskan lebih sedikit kapasitas penyimpanan, sebagaimana ketika file raw audio dikodekan (encoded) sehingga dapat masuk pada sebuah CD (Compact Disc).
Selain pengkodean untuk tujuan penyimpanan, data juga dapat dikodekan untuk keperluan transmisi. Sebagai contoh, masih berbicara mengenai format file audio, file audio dapat dikodekan sehingga dapat ditempatkan pada livestream stasiun radio. File audio ini dikodekan agar memiliki ukuran file yang kecil yang dibutuhkan oleh aktivitas livestreaming.
Encoding juga digunakan untuk tujuan kriptografi (cryptography), sebuah teknik yang digunakan untuk mengamankan data dengan cara memastikan agar data tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang tepat. Intinya, pada kriptografi, teks atau informasi dikodekan sedemikian rupa agar tidak dapat dengan mudah terbaca oleh umum. Hanya orang-orang dengan hak akses dan perangkat yang tepat saja yang dapat mengakses informasi yang telah dienkripsi.
Ketika terjadi encoding error, hasilnya dapat menjadi cukup fatal, yaitu data tidak dapat diakses kembali. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka sebelum melakukan encoding, sebaiknya Anda membackup atau menduplikasikan data yang akan dikodekan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar